Cek Keberangkatan Haji

Cek Keberangkatan Haji merupakan salah satu hal yang sering dilakukan oleh calon jemaah haji yang sudah mendapatkan nomor porsi haji dari Departemen Agama. Mengingat banyaknya pendaftar Haji di Indonesia tentu jadwal keberangkatan merupakan hal yang ditunggu para calon haji. Untuk itu Pemerintah menyediakan fasilitas kepada calon jemaah haji untu dapat mengecek perkiraan keberangkatan di website departemen agama.

cek keberangkatan haji

Untuk melakukan pengecekan perkiraan keberangkatan calon jemaah haji dapat langsung menggunakan cek porsi haji di website departemen agama yaitu di link cek keberangkatan haji ini. Sebelum mencek perkiraan jadwal keberangkatan anda, sebaiknya persiapkan beberapa hal berikut ini.

Siapkan nomor porsi haji anda. Nomor porsi ini terdapat pada BUKTI SETORAN AWAL BPIH yang didapat saat mendaftar Haji di Bank. Bukti setoran awal ini menjadi bukti bahwa anda telah terdaftar sebagai calon jemaah haji. Tentunya terdapat beberapa persyaratan baik keuangan maupun administrasi yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

  1. Masukan nomor porsi haji anda ditempat yang sudah disediakan.
  2. Tekan enter dan akan segera muncul perkiraan jadwal keberangkatan anda.

Karena banyak calon jemaah haji yang melakukan pengecekan bisa jadi saat mengecek sesuai cara diatas ternyata tidak keluar hasilnya. Ini dikarenakan sistem yang overload, untuk itu bisa anda coba lagi beberapa kali, selama nomor porsi yang dimasukan tidak salah biasanya akan muncul jadwal keberangkatan anda. Jadwal ini agar diingat atau dimasukan kedalam reminder di HP anda. Jika jadwalnya adalah tahun ini/depan perlu juga dicari tahu kapan jadwal pelunasan setoran Haji supaya memastikan bahwa anda siap untuk berangkat.

Perlu juga diingat bahwa jadwal ini adalah jadwal keberangkatan haji sementara yang bisa berubah maju ataupun mundur yang bisa disebabkan beberapa hal, misalnya pengurangan kuota ataupun penambahan kuota dari Pemerintah Arab Saudi, bisa juga karena adanya calon jemaah haji yang batal atau mundur berangkat karena sesuatu dan lain hal.

Jadi tidak ada salahnya cek keberangkatan haji anda beberapa kali apalagi jika jadwal keberangkatan tinggal 1 atau 2 tahun, siapa tahu jadwal keberangkatan haji anda dimajukan. Hal ini penulis alami sendiri dimana jadwal keberangkatan yang sehartusnya tahun 2018 menjadi maju di tahun 2017.