Cara Membawa Air Zamzam ke Indonesia

Cara membawa air zamzam ke Indonesia merupakan salah satu topik hangat yang dibicarakan jemaah haji menjelang kepulangan ke tanah air. Berlimpahnya air zamzam baik di Mekah maupun Madinah yang dengan mudah dimasukan ke dalam botol minuman atau bahkan jirigen membuat jemaah berfikir bagaimana cara membawanya ke tanah air dengan lancar.

Cara membawa air zamzam ke Indonesia

Air Zamzam adalah salah satu oleh-oleh Haji yang paling dicari mengingat Air ini mempunyai keutamaan yang sangat banyak. Rasulullah telah menjelaskan kegunaan air tersebut. Beliau bersabda,”Sebaik-baik air yang ada di muka bumi adalah Zam-Zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.” (Hadits hasan. Lihat Shahih Targhib wa Tarhib, Syaikh al Albani, 2/18).

Meskipun sudah mendapat jatah 1 jirigen air zamzam (5 liter) untuk tiap jemaah Haji, banyak jemaah yang berusaha membawa tambahan air zamzam ke tanah air. Banyak cara dilakukan agar bisa membawa tambahan air zamzam ke Indonesia, diantaranya dengan melakban jirigen berlapis-lapis, melapisi dengan aluminium foil, diselipkan diantara tumpukan pakaian atau oleh-oleh lain dan banyak cara lainnya. Namun biasanya selalu kena sweeping sebelum masuk pesawat.

Cara membawa air zamzam ke Indonesia sebenarnya tidaklah sulit selama tidak melanggar aturan yang berlaku. Satu aturan dasar yang tidak bisa dilanggar adalah:

TIDAK MEMASUKAN AIR ZAMZAM DALAM BENTUK APAPUN KE DALAM KOPER BESAR (BAGASI)

Tidak peduli apakah dilapisi oleh aluminium foil, ditaruh diantara pakaian, dilakbar berlapis-lapis tetap TIDAK AKAN lolos pemeriksaan X-RAY di Bandara. Tiap tahun ribuan tas koper bagasi dibongkar untuk mengeluarkan air zamzam yang ingin dibawa pulang.

Lalu kalau tidak dimasukan ke Bagasi bagaimana dong cara membawa air zamzam ke Indonesia?

Pada dasarnya membawa minuman ke dalam pesawat diijinkan selama tidak dimasukan kedalam bagasi. Jadi terdapat beberapa cara untuk membawa air zamzam ke pesawat, diantaranya:

  • dimasukan ke dalam tas tenteng yang dibawa ke pesawat
  • menenteng botol berisi air zamzam ke pesawat (botol air mineral atau botol minuman transparan)
  • biasanya Pemerintah memberikan botol spray kepada jemaah sebelum keberangkatan, botol ini sangat bermanfaat saat melakukan ibadah Haji dan bermanfaat juga untuk diisi air zamzam saat pulang

Biasanya saat masuk imigrasi tetap akan ditanya atau diumumkan larangan membawa air didalam tas tenteng tetapi tidak seketat kalau masuk bagasi. Kalau petugas awal sudah lewat, maka sudah aman, X-Ray untuk tas tenteng tidak akan masalah meski ada air zamzam.

Demikianlah beberapa cara sederhana untuk membawa tambahan air zamzam ke rumah kita.

Bawalah sewajarnya dan jangan lupa berdoa agar dapat dibawa sampai ke Indonesia.

Cara Membawa Air Zamzam ke Indonesia | adminrukunhaji | 4.5